Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE]

Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba tiba - Komputer lemot? kenapa bisa lemot? Setelah kita maen game, melihat film, menscan komputer, membuka aplikasi bahkan hanya dengan membuka foto saja ada kalanya laptop kita jadi lemot secara tiba-tiba. Tak luput disertai dengan bunyi "ngurung" laptop karena kipas berputar sangat kencang dan laptop menjadi sangat panas. Ini dikarenakan terjadinya crash pada komputer kita bahwasannya komputer masih menggunakan kurang lebih 20% RAM-nya meskipun kita sudah tidak mejalankan satupun aplikasi dikomputer kita. hal yang biasanya terjadi adalah :
  1. Mereka yang belum mengetahui asal usul terjadinya ini mungkin membiarkannya begitu saja seperti tidak terjadi apa-apa,
  2. Langsung saja mematikan/merestart komputer karena merasa terganggu/cemas dengan adanya suara ngurung pada komputer atau karena komputer sangat panas.
  3. dan Apabila kasusnya adalah menjadi lebih parah lagi karena mouse yang kita gerakan berjalan teramat sangat lambat langsung deh jurus andalan yag terakhir adalah terPAKSA menShut Down komputernya secara PAKSA, /red OM Kris
Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba tibaBeberapa tindakan seperti diatas sudah pasti sangat membahayakan kesehatan komputer kita.

Cara yang dilakukan untuk mengatasinya adalah hampir sama seperti kita mengEnd Process aplikasi yang sulit ditutup yaitu :
  1. Klik kanan pada tolbar komputer bagian paling bawah terus klik Start Task Manager pilih menu tab Process
  2. Gambar tanda panah diatas adalah sumber masalah yang membuat komputer kita menjadi lemot/error (Lihat gambar- Klik untuk perbesar)
  3. Klik saja pada bagian masalah tersebut (arah tanda panah dllhost.exe - COM Surrogate: ciri-ciri daftar nama yang penggunaan CPU-nya kurang lebih diatas 20%)
  4. Pilih  END Process. selesai.
Update Per 26 November 2012
Cara lain selain diatas unutk menyelesaikan masalah komputer lemot secara tiba-tiba ini yaitu dengan mersetart explorer.exe silahkan untuk lebih lanjut KLIK DISINI

Pengalaman saya sendiri yang pernah menjumpai kasus seperti ini dan bahkan sering menjumpai pula di komputer teman-teman.  sehingga lebih baik untuk selalu setia Check terlebih dahulu setiap saat seUsai kita menjalankan aplikasi/meMbuka buka foto, setelah saat kita SELESAI memutar film dll.  

Apa saja sih rincian yang pernah OM Kris alami sehingga menyebabkan KOMPUTER/LAPTOP jadi LEMOT secara TIBA-TIBA??
  1. Penggunaan Thumbnail gambar pada kumpulan banyak video dalam satu folder. sehingga saat kita mau masuk loadingnya berjalan sangat lama dan menyebabkan Crash pada koputer kita. ini saya jumpai ketika saya sedang membuka folder kumpulan koleksi video naruto kesukaan saya :D. Tips : pilih show preview pane dengan pengaturan detail saja jangan pilih yang Thumbnail atau membagi kumpulan koleksi video tersebut menjadi beberapa folder.
  2. Penggunaan Thumbnail pada foto anda dalam folder foto yang juga berisi sangat banyak kumpulan koleksi foto kita, lakukan tips seperti diatas.
Semoga Bermanfaat :)

Lihat juga :
  1. Prosedur Penggunaan Laptop (TIPS-TIPS).
  2. 10 Aplikasi Portable Pembersih File Sampah Komputer Terbaik dan Gratis.

komputer lemot, not responding, com surrogate, laptop tiba tiba lemot, agar komputer tidak lemot, penyebab komputer lemot tiba-tiba, komputer hang tiba tiba, komputer tiba tiba macet, komputer lamban, komputer tidak cepat, laptop sering lemot tiba tiba, cara mengatasi komputer lemot terbaru 2012, cara memberihkan laptop
Description: Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE] Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE]

Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE] Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE] Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel Masalah Laptop/Komputer LEMOT Secara Tiba-tiba. [UPDATE] dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam)

24 komentar | Add comment

  1. Wah, masalahnya sama dengan masalah laptop saya. saya pikir karena kerusakan hardwarenya. tapi saya tidak menemukan dllhost.exe - COM Surrogate yang dimaksud. mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja procesnya diatas 20 mas..trus distop,,bukan harus dllhost.exe....

      Delete
  2. atau apakah itu munculnya hanya ketika mulai lemot saja??

    ReplyDelete
  3. kalo gak dllhost.exe - COM coba cari yang ciri-cirinya dpenggunaan CPU-nya kurang lebih diatas 20%)mas di taskman :)

    ReplyDelete
  4. tolong lihat gambar ini http://www.freeimagehosting.net/qx4m8

    apakah jika itu dihapus tidak akan mengganggu sistem?

    ReplyDelete
  5. Maksud anda yang system idle process? jika dihapus Akan ada efeknya mas ari, kenapa mesti dihapus? itu adalah bagian dari sistem bawaan windows :)

    ReplyDelete
  6. kalo gini gimana gan? pas lagi dibuat browsing langsung restart trus kluar tilisan2 apa itu ya q lupa cz tampilanya cepet, cuman inget kalo disitu ada kata2 crash. trus stelah itu, tiap browsing mesti lemot, padahal sbelumnya gak pernah gitu.
    sudah tak cek di task manager gak ada angka yg besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh itu virus gan, coba cek bagian taskman nya samakan degan laptop lain, virus ini berjalan menghambat kecepatan internet di belakan layar..

      Delete
  7. paling komponen hadrware seperti hardisk n memory udah lambat kinerjanya... ingat tiap perangkat windows memerlukan spesifikasi yang sesuai jika di paksakan laptop lama2 akan menjadi lemot baik buka aplikasi seperti saat mengetik dll. disarankan laptopnya diganti yang baru alias d upgrade dan sesuai kan penggunaan jadi sebelum menggunakan laptop secara optimun baca kesesuian kemampuan laptop tersebut. gunakan intel jangan Amd karena performance amd kurang baik untuk menjalankan aplikasi berat dan lebih bnyak menguras energi buat komputer.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum di ganti setdaknya kita bisa mengurangi faktor lain yang membuat laptop menjadi lemot mas, seperti ketika kita menghapus sampah sampah yang menumpuk

      Delete
  8. artikel yang bagus bop.. izin sedot ilmunya ya.. :D

    ReplyDelete
  9. gan mw nanya...kalo kipasnya aja yg bunyinya kenceng itu apanya,,,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti komputer anda sedang dipakai pada aplikasi yang membutuhkan ram besar,
      kalo tidak sedang menjalankan aplikasi apa-apa tapi tetep ngurung kayaknya kipasnya sudah kotor/ bahkan bisa saja sudah tidak normal

      Kalau mau mengurangi bunyi kipas saja coba pakai yang mode POWER SAVER pada pengaturan power options

      Delete
  10. Itu malsaha ram dan harddisk saja menurut saya, tapi informasinya juga bagus karena ada kalanya komputer lemot kebanyakan aplikasi yang berjalan

    ReplyDelete
  11. mas kalau laptop saya untuk muter video kadang suka videonnya gambarnya lemot itu gimana ya mas?? ngak semua video sih video terntentu aja, apa lagi video yang kapasitasnya besar juga kadang suka lambat gambarnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu yang lambat bukan videonya tapi komputer, coba dibersihkan saja sampah - sampahnya pilih aplikasi yang bagus, KLIK DISINI sebagai bahan rekomendasi untuk membersihkan sampah komputer

      Delete
  12. Om Kris, untuk mengetahui virus di task manager gimana ya

    ReplyDelete
  13. kalo saat bermain game kita gerakkan mouse itu kenapa kk??????

    GPL DI JAWAB!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  14. kadang kadang gk ngelag kadang kadang ngelag...

    pas saya misalnya main dota gitu

    ReplyDelete
  15. saya main saint row 4 pas kemarin lancar jaya tapi besoknya pas saya main lagi ngelag parah , ngelagnya terjadi pas saya ngehapus game need for speed the run besoknya jadi ngelag parah itu kenapa yah gan ?

    ReplyDelete
  16. makasih gan sangat membantu,saya doain semoga rejekinya lancar

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).