Bersabar atau Bersyukur dulu?

Kali DIBAGIKAN

Baca Juga :

Bersabar atau Bersyukur dulu? Kata itu yang sering terdengar bahkan kita sering dibuat bingung mau mendahulukan bersabar atau bersyukur dulu. Namun, tidak semua paham akan makna yang ada didalamnya. Ketika kita mendapatkan ketidakadilan atau ketika bermacam-macam musibah datang bergantian. sebaiknya kita harus bersabar atau bersyukur dulu ya? Bersabar dan Bersyukur, Bersyukur dan  Bersabar

Kepahitan hidup kadang membuat kita putus asa lalu mengambil jalan pintas. Banyak juga diantara kita yang hidup bagai zombie (mayat hidup) karena deraan masalah. Hidupnya hanya di isi dengan keluhan-keluhan dan kecengengan. bahkan yang lebih parah sampai menyalahkan Tuhan. Bisa kita saksikan disekitar kita, begitu banyaknya saudara saudari kita yang selalu bangga dengan keluhan-keluhan dan makian ketika menemukan ketidaknyamanan dalam kehidupannya. Ketenangankah yang didapat? ternyata tidak, bahkan hidup malah semakin terasa sempit.

Apakah yang membuat terasa sempit? ternyata keluhan dan kecengengan itu penyebabnya. Merasa diri yang paling sengsara dan berat permasalahannya. Cobalah tengok kanan kiri, pasti banyak yang lebih parah penderitaanya, Namun masih bisa tersenyum dan bahagia, tetap sabar dan senantiasa bersyukur. Ternyata dua hal inilah yang menjadi kunci rahasianya. Apakah sabar itu? makna Sabar adalah tabah dalam menghadapi setiap bentuk keadaan yang sedang dialami. Tetap berbaik sangka pada Allah SWT, bahwasannya ada kebaikan yang tengah disiapkanNYA. Kita bisa menjalani proses tanpa paksaan karena paham, bahwa suatu itu memang harus terjadi demikian adanya. Sedangkan Syukur adalah sikap dimana kita berterimakasih atas segala anugrah yang diberikan Tuhan sekecil apapun itu. Bisa dilakukan lewat ucapan dan perbuatan. Bersabar dan bersyukur tidak bisa dilakukan oleh orang-orang yang tidak berilmu. Berarti untuk mengetahui cara agar bisa bersabar dan bersyukur harus tahu ilmunya.

Mengingat kembali akan tujuan akhir dari sebuah perjalanan hidup. Menemukan makna sabar dan syukur dan tahu mana yang harus didahulukan. Ternyata kita harus bersyukur dulu karena dengan bersyukur maka Tuhan akan menambah nikmat kepada kita. Dan sebenarnya setiap masalah pasti ada jalan. Yang Tuhan berikan berupa cobaan adalah untuk mendidik kita agar lebih paham akan arti hidup, perjalanan hidup, karier dan hakikat hidup yang sebenarnya. Apa artinya sabar? sabar itu apa? cara bersabar.Apa artinya syukur? syukur itu apa? cara bersyukur. antara bersabar dan bersyukur. dulu mana sabar atau syukur? 
Bersabar atau Bersyukur dulu? Krisnanto, manto ashariyanto dkk

Mencoba meluangkan waktu barang sejenak untuk merenung dan bertanya pada diri sendiri setelah sekian lama mendapat pernak-pernik permasalahan mungkin bisa menjadi solusi yang bijak. Dengan renungan diri akan mudah kita temukan jawaban; akan melangkah kemana kita selanjutnya? dengan apa kita isi hidup yang terbatas ini? dan bagaimana kita temukan cara mewujudkannya? tidak lagi mengisi hidup dengan emosi (ketakutan, kegelisahan, benci, marah, dengki) dll. Tidak lagi mendambakan diri pada harta benda dan lupa pada Allah SWT.  Tidak lagi mengagungkan pola hidup yang individualisme. Tetapi lebih peka pada sekitar terutama pada diri sendiri untuk senantiasa bersyukur.

Memang benar setiap nasihat Orang Tua, kata guru yang selalu memberikan pesan bahwa bersyukur bukan hanya pada saat kita mendapat rejeki, jabatan, uang, ketenaran tetapi bersyukur setiap saat dalam keadaan apapun. Perlu disadari nafas kita ini adalah hal besar yang patut disyukuri namun sering terlupakan. Jangan benamkan mimpi, perbanyaklah bersabar dalam menerima segala cobaan/ujian. Tetap berbaik sangka terhadap Sang Pencipta, bahwa itu yang terbaik untuk kita.


Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger