Klasifikasi Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Baca Juga :

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah perangkat lunak yang mengkonversi algoritma yang telah dirancang oleh pengguna/pemrogram ke dalam bahasa yang di mengerti oleh komputer. Dalam bahasa pemrograman terdapat syntax (Suatu aturan pada pembuatan program) yang di tujukan agar pemrogram bisa menuangkan perintah yang nantinya akan dijalankan oleh komputer.

Pada komputer terdapat 3 bahasa penerjemah yaitu:
  1. Assembler adalah bahasa yang menerjemahkan kode sumber dari bahasa rakitan ke dalam bahasa mesin.
  2. Komplier adalah bahasa yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan ke kode objek.
  3. Interpreter adalah bahasa yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber, lalu menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan.
http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:
  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language) adalah bahasa pemrograman yang perintah bahasanya tidak mudah untuk di mengerti  karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Pada low level language ini kemungkinan yang bisa mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language) adalah bahasa pemrograman yang mana penggunaan perintah bahasanya sudah mendekati bahasa keseharian, meskipun masih sulit untuk dimengerti sebab banyak penggunaan yang berupa singkatan-singkatan seperti “STO” yang berarti STORE (Simpan) dan “MOV” yang berarti MOVE (Pindah). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.
  3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) adalah bahasa yang mempunyai ciri-ciri lebih tertata dan sudah mudah untuk dimengerti karena menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.
http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Menurut generasinya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 4 Generasi, yaitu:
  1. Generasi pertama
    Pada generasi pertama, pemrograman menggunakan kode mesin yang di wakili oleh angka biner 0 dan 1. Bahasa ini di kategorikan dalam pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya tidak mudah untuk di mengerti.
  2. Generasi kedua
    Bahasa ini sedikit relatif mudah untuk di pahami daripada bahasa mesin karena telah menggunakan perintah dalam bentuk kata yang di pendekan. Sebagai contoh, Perintah MOV yang berarti Move (berpindah). Meskipun demikian bahasa ini masih di kategorikan dalam bahasa Bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya masih tidak mudah untuk di mengerti.
  3. Generasi ketiga
    Penulisan program secara prosedural telah di terapkan, sehingga penyususnan program lebih tertata dengan baik. Pada generasi ini, perintah menggunakan kata-kata yang biasa di gunakan manusia. Sebagai contoh perintah READ untuk membaca data input. Bahasa-bahasa pemrograman basic, Pascal, Fortran, dan C termasuk dalam bahasa pemrograman generasi ketiga
  4. Generasi ke empat
    Bahasa pemrograman menggunakan pendekatan pemrograman berorientasi pada objek (Objek Oriented programing -OOP). Sehingga lebih memudahkan dalam penyususnan program yang kompleks. Bahasa pemrograman ini meliputi bahasa visual C++, Visual Basic, Delphi dan Java.
http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Penjelasan beberapa nama bahasa pemrograman perangkat lunak:
  1. PHP
    PHP atau singkatan dari Hypertext Preprocesso dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.
  2. CSS
    CSS atau singkatan dari Cascading Style Sheet adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.
  3. JavaScript
    Pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer
  4. FORTRAN 
    ForTran atau sigkatan dari Formula Translator ini dikembangkan pada tahun 1950 oleh John Backus di IBM. Program ini dibuat untuk memudahkan aplikasi ilmu matematika, teknik, dan ilmu pengetahuan.
  5. COBOL
    COBOL atau singkatan dari Common Business Oriented Language berkembang tahun 1959. Digunakan untuk membuat aplikasi di bidang bisnis.
  6. PL/1 
    Programming Language dikenalkan tahun 1963 oleh IBM. Digunakan untuk menangasi proses data bisnis dan melakukan perhitungan data
  7. RPG 
    Report Program Generator pertama kali dikenalkan tahun 1964. Digunakan untuk membuat laporan bisnis. RPG berkembang menjadi RPG I, RPG II, RPG III, dan selanjutnya berkembang.
  8. BASIC 
    Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code berkembang tahun 1965 di Darmouth College oleh John Kemeny dan Thomas. Tujuan pembuatan perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa ini adalah sebagai dasar pemrograman komputer. BASIC awalnya sangat populer sebelum muncul perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa bernama PASCAL.
  9. Logo 
    Logo adalah perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan melakukan pemrograman. Berkembang pada tahun 1967 oleh Seymour Papert.
  10. APLA 
    Apla adalah perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa generasi ke tiga. Berkembang pada tahun 1962 oleh Kenneth Iverson. Perangkat lunak software komputer bahasa pemrograman ini bisa untuk menyelesaikan matematika secara kompleks.
  11. FORTH 
    Fourth-generation Language juga merupakan perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa generasi ke tiga. Berkembang tahun 1971 oleh Charles Moore. Bermanfaat untuk menangani tugas-tugas kontrol secara waktu yang nyata. Digunakan juga untuk aplikasi bisnis dan grafis.
  12. Pascal 
    Berkembang pada tahun 1971 oleh Nicklaus Wirth. Nama pascal berasal dari Perancis, sebuah sebuah negara dari seorang fisikawan bernama Blaise Pascal. Pascal digunakan untuk mengenal pemrograman terstruktur. Pascal mudah sekali untuk dipelajari, dan mampu memberikan dukungan  terhadap ilmu matematika yang sangat lengkap.
  13. Ada 
    Ada berkembang tahun 1975 dan dirilis tahun 1981. Nama Ada diambil dari seorang wanita sebagai penghargaan atas keterlibatannya sebagai progammer pertama di dunia, wanita itu bernama Lady Augusta Ada Byron atau bisa Anda kenal sebagai Ada Lovelace yang berhasil mendeskripiskan mesin komputer Charles Babage di abad 19. Ada dapat bermanfaat untuk aplikasi bisnis.
  14. C
    C berkembang tahun 1972 oleh Brian W Kernighan dan Dennis M Ritchie di Laboratorium Bell AT&T. C penggunaannya cepat dan efisien. C dapat memanipulasi data dalam bentuk Bit.
  15. C++
    C++ dikembangkangkan pada tahun 1983 oleh Bjarne Stroustrup. Nama C++ diberikan oleh seorang laki-laki bernama Rick Mascitti. C++ merupakan perangkat lunak software komputer penerjemah bahasa yang dapat digunakan untuk aplikasi apa saja, termasuk menangani basis data.
  16. Java 
    Java dibuat tahun 1995. Java berorientasi objek dan bermanfaat serbaguna. Kode Java, yaitu disebut bytcode.
Klasifikasi Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman, Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman, Makalah Praktikum Teknologi Informatika bahahasa pemrograman, istilah istilah dalam bahasa pemrograman, macam-macam bahasa pemorgraman.

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger