Fungsi dan Macam-macam perangkat lunak Sistem Operasi

Baca Juga :

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer agar dapat di jalankan oleh pengguna. Komputer bekerja atas dasar intruksi dari user atau pemakai. Sekumpulan intruksi diperlukan untuk mengatur jalannya perangkat keras dalam komputer. Intruksi-intruksi inilah yang mendasari sistem operasi.
http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Fungsi sistem operasi
Sistem operasi mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut:
  1. Mengelola proses jalannya suatu program dalam komputer
  2. Mengelola pemakaian sumber daya komponen perangkat keras komputer seperti CPU, memori, dan lain sebagainya, pada saat komputer sedang di jalankan.
  3. Mengelola akses data dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memory utama.
  4. Memeriksa kesalahan sistem sekaligus untuk memelihara keamanan sistem, khususnya pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
omkriscom : Fungsi dan Macam-macam perangkat lunak Sistem Operasi
http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Macam-macam perangkat lunak Sistem Operasi
  1. DOS
    Jenis ini merupakan sistem operasi generasi awal yang dirancang untuk komputer tunggal personal komputer (PC). Pada saat ini sistem operasi ini jarang di gunakan lagi karena dirasa kurang interaktif.
  2. Unix 
    merupakan sistem operasi bebasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua, Bagian dari Unix yaitu : Solaris, Open BSD, Free BSD. Unix pertama kali di gunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris
  3. Windows 
    Windows merupakan perangkat lunak yang paling tidak asing karena ini merupakan sistem operasi yang paling banyak di gunakan di indonesia, terutama pada komputer tunggal. Sistem operasi buatan microsoft ini populer karena tampilan antarmuka grafisnya yang user friendly karena menggunakan pendekatan GUI.  Bagian dari Windows yaitu Windows 95, Windows 89, Windows Me, Windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows 8/81, Windows Phone
  4. Macintosh
    Macintosn pertama dikeluarkan pada bulan januari tahun 1984. Macintosh sangat mudah digunakan dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan macintosh yaitu sistem X yang d gunakan di apple imac Desktop ataupun apple Notebook.
  5. Linux
    Linux diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds, Sistem operasi ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Hal ini karena Linux meruapan perangkat lunak bebas (open source software). Dalam hal ini pengguna di perkenankan untuk mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan, dapat di distribusikan kepada siapa saja dan tidak terikat dengan lisensi penggunaan atau kewajiban membayar royality.
    Disamping itu tampilan grafisnya cukup userfrienly dan mendukung sistem multitasking, workgroup dan jaringan, sehingga semenjak awal di perkenalkan, linux telah menjadi pesaing utama sistem operasi windows.
Jenis-jenis sistem operasi

Sistem Operasi
  Vendor
 AXI 
 IBM
 DG/UX 
 Data General Corporation
 Digital Open VMS
 Digital Equipment Corporation
 Digital Unix 
 Digital Equipment Corporation
 HP-UX
 Hewlett Packard 
 IRIX
 Silicon Graphics   
 Mac OS
 Apple  
 Netware   
 Novell  
 OS/2
 IBM  
 OS/390, OS/400
 IBM  
 Solaris   
 Sun Microsystem  


http://www.omkris.com/2014/01/fungsi-dan-macam-macam-perangkat-lunak.html
Sistem operasi telepon genggam
  1. Symbian OS dari the Symbian Foundation (open public license)
    Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Sistem operasi ini dirancang untuk digunakan pada peralatan mobile. Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. 
  2. BlackBerry OS dari RIM (closed source, proprietary)
    BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion (RIM) untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi  ini menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.
  3. Palm dari Access Co. (closed source, proprietary)
    Palm OS adalah sebuah sistem operasi mobile yang mulanya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk personal digital assistant(PDA) pada tahun 1996.
  4. Android dari Google Inc. (open source, Apache)
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. 
  5. Windows Phone dari Microsoft (closed source, proprietary)
    Windows Phone sebelumnya dinamai Windows Phone 7 series dan diperkenalkan pertama kali pada bulan februari 2010. Seri pengembangan lebih lanjut memiliki kode nama Mango.
  6. iOS dari Apple Inc. (closed source, proprietary)
    iOS merupakan OS buatan Apple yang hanya hadir untuk produk-produk buatan Apple
Baca : Klasifikasi Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman
Key Word : Macam – Macam Sistem Operasi Komputer, Pengertiannya dan Fungsinya, Macam - Macam Sistem Operasi Komputer dan Pengertiannya, Macam-Macam Sistem Operasi Terbaru dan Lengkap, Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System) 

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger