Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam?

Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam? Apa kelebihan baik cerewet maupun pendiam? Susahnya ngomongin yang satu ini, kenapa susah? karena menurut saya pribadi orang dizaman sekarang sudah jarang mempunyai sifat yang imbang antara cerewet dan pendiam. Kalau saya sendiri termasuk tipe yang mana?? No comment  deh...:D

Baik pendiam maupun cerewet tentunya mereka tak akan lepas dari kehidupan bersosialisasi dengan masyarakat, termasuk berhubungan langsung dengan kita..sehingga sudah bisa diperkirakan 99% kita juga pasti akan mempunyai teman yang agaknya cerewet ataupun pendiam. Kedua sifat ini memang agaknya cukup berlawanan namun keduanya mempunyai hakekat yang saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain. kita tidak boleh saling menjelek-jelekan kedua sifat ini.

Terkadang anggap saja apabila kita sedang merasa MOOD kita akan merasa semakin gembira manakala sahabat katakanlah cerewet dengan menghibur baik berbagi senang maupun masalah sedih dalam hidupnya dan terkadang suasana tersebut berubah jadi hal yang sangat menyebalkan manakala katakanlah sedang BAD MOOD, begitupun sebaliknya tetap berlaku untuk sifat yang pendiam.

"Lebih baik diam daripada ngomongin hal yang tidak penting? kenapa tidak?"
"Cerewet untuk memberikan keramaian agar tidak merasa bosan dan jenuh?kenapa tidak?"

Di Zaman yang sekarang kita alami, sudah banyak dijumpai bahwa terkadang hal yang tidak penting menjadi bahan obrolan yang hangat dan menjadi penting dengan dalih untuk mengusir kebosanan dan kejenuhan. Apakah hal ini menjadi sesuatu yang baik, bila tujuannya adalah untuk seperti itu?

Pilih Pendiam atau Cerewet?

Cerewet boleh saja asal tidak mengganggu ketertiban umum, tidak menjelek-jelekan orang lain dan bersifat menghibur. Begitupun juga untuk sifat yang pendiam, alangkah kurang baik jika kita hanya memendam masalah sendiri tanpa berbagi dengan sahabat dekat kita, yang mana sudah bisa dipercaya. terlalu diam dan terlalu cerewet juga tidak baik dalam amalan kehidupan kita. Sedikit mengenai kelebihan sifat pendiam dan cerewet adalah sebagai berikut :

-Kelebihan pendiam :
1. Sulit diketahui kelemahan pribadinya. 
2. Merupakan pendengar yang bagus
3. Bisa menyimpan rahasia (untuk beberapa orang) .. 
4. Memiliki kelebihan menganalisa orang lain.

-Kelemahan : kebalikan dari kelebihan cerewet (diambil yang paling pas buat agan-agin)

-Kelebihan cerewet :
1. Mudah bergaul/cepat dapat sahabat
2. Tidak mudah terlarut dalam masalah
3. Mudah menghibur
4. Bikin rame suasana

-Kelemahan : kebalikan dari kelebihan pendiam (diambil yang paling pas buat agan-agin).

Adapun pendapat orang lain itu adalah salah satu hal masukan buat kita. mungkin semuanya ingin mempunyai tujuan yang baik namun adakalanya tidak tentu pas dengan apa pendapat kita. Terimalah pendapat orang lain dan diambil saja mana yang pas menurut kita. 

Allah berfirman : "Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik" (QS Al Furqon 63). 

(HR. Bukhari dan Al Hakim) : "Seorang mukmin bukanlah pengumpat, pengutuk, berkata keji atau berkata busuk. 
(Mutafaq'alaih) : "Semua umatku diampuni kecuali yang berbuat (keji) terang -terangan yaitu yang melakukannya pada malam hari lalu ditutup-tutupi oleh Allah, tetapi esok paginya dia membeberkan sendiri dengan berkata, "Hai Fulan, tadi malam aku berbuat begini...begini." Dia membuka tabir yang telah disekat oleh Allah Azza wajalla. "

Abdullah bin Abbas atau Ibnu Abbas paman dari Rasulullah Muhammad SAW mengungkapkan lima perkara yang paling baik bagi manusia dari pada kuda hitam yang paling bagus yaitu Agar kita tetap berhati-hati dalam berbicara, dan tidak tergelincir dari pembicaraan yang tidak sepatutnya yaitu sebagai berikut :
1. Janganlah kamu berbicara tentang hal yang tidak berguna. Hal itu menyia-nyiakan waktu dan kamu akan selamat dari dosa.
2. Janganlah kamu berbicara tentang hal yang penting, yang tidak pada tempatnya. Berapa banyak orang yang berbicara penting tetapi tidak tepat pada sasarannya yang menyebabkan ia dicemoohkan.
3. Janganlah kamu terlalu baik dan santun, dan janganlah kamu bodoh. Terlalu baik terkadang justru akan dibenci dan kebodohan menyebabkan kamu disakiti.
4. Ingatlah kawanmu seperti kamu ingin ia mengingatimu. Doakanlah ia selamat seperti kamu menginginkan agar ia mendoakanmu.
5. Bekerjalah seolah-olah kamu merasa akan memperoleh balasan kebaikan / merasa akan mendapat hukuman" (Syaikh Muhammad Al-Ghazali 1986 : 156).


...Bila ingin menggunakan keduanya (diam/cerewet) lakukanlah pada saat yang tepat, contoh menjadi cerewet saat sahabat kita sedang sedang merasa sedih, hiburlah mereka dan jadilah pendiam dengan maksud menjadi pendengar yang baik saat orang disekitar kita sedang berbagi cerita dengan kita. Berikanlah masukan yang penting dikehidupan kita/mereka. disinilah maksud diam dan cerewet yang sebenarnya
Satu hal lagi yang perlu diingat berterima kasihlah saat diberi hadiah/makanan yang halal.....jangan cerewet.
Mana yang kamu pilih???....Do The Best For Everything :) 


unique codeCB8SEDG55X65
bloghttp://www.www.omkris.com/
keyword : pilih cerewet atau pendiam?, kelemahan dan kelebihan cerewet, kelemahan dan kelebihan pendiam. pengertian cerewet, pengertian pendiam, pilih cowok cerewet atau pendiam, pilih laki laki cerewet atau pendiam, pilih pria cerewet atau pendiam, pilih cewek cerewet atau pendiam, pilih wanita cerewet atau pendiam, pilih pacar cerewet atau pendiam.
Description: Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam? Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam?

Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam? Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam? Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel Pilih Pendiam atau Cerewet? Cerewet Apa Pendiam? dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam)

2 komentar | Add comment

  1. saya akan cerewet disaat tertentu, dan akan pendiam disaat tertentu juga kak. Alkhamdulillah aku bisa menjadi dua duanya. :D

    ReplyDelete
  2. Alhamulilah pasti senang orang yang sudah berada dan berteman lama dengan neng hany :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).