Fungsi Drag (Tarik) & Drop (Letakan) Pada Komputer Yang Mungkin Masih Jarang di Ketahui

Baca Juga :

Drag & Drop adalah Istilah yang menggambarkan kegiatan memilih suatu obyek dan memindahkannya ke lokasi baru. Yaitu dengan menekan tombol sebelah kiri mouse/laptop (drag), kemudian meletakkan obyek tersebut ke lokasi yang sudah ditentukan (drop). Pada komputer khususnya pada system OM windows Fungsi Drag (Tarik) Drop ternyata mempunyai fungsi yang lebih, namun bagi para newbi yang masih benar -benar harus belajar ketika menjalankan komputer atau laptop barunya belum semuanya mengerti. Layaknya sebuah shortcut kadang sangat diperlukan yaitu untuk mempercepat sebuah tindakan dan tentunya kita tidak akan melakukan langkah panjang untuk setiap ingin memakai aplikasi yang dikehendaki, dalam hal ini bisa diartikan sama seperti fungsi utama drag & drop. Sebenarnya artikel ini sudah berhubungan dengan artikel saya yang lalu-lalu namun akan saya coba fokuskan disini. Fungsi Drag (Tarik) & Drop (Letakan) pada komputer Yang Mungkin Masih Jarang di Ketahui :
http://www.omkris.com/2012/11/fungsi-drag-tarik-drop-letakan-pada.html
1. Membuat Shortcut Program Komputer Fitur Bawaan Windows
Mungkin kalimat ini masih belum bisa ditangkap lebih jauh yang artinya membingungkan sobat. Sebelum ke inti, saya akan berbelit-belit dulu agar lebih mudah dipahami karena beralur :D jadi OM Kris pikir sobat disini semuanya pasti sudah banyak mengetahui cara membuat shortcut aplikasi installasi eksternal/ intalasi sebuah software, dimana sebuah shorcut biasanya akan langsung dapat di rekomendasikan setelah kita selesai menginstal sebuah software aplikasi atau tidak yaitu dengan membuat sendiri melalui klik kanan kemudian pilih send to desktop. Yang OM Kris maksud disini adalah membuat shorcut program fitur dari om windows yang yang tidak bisa dilakukan dengan cara klik kanan kemudian Send to desktop. Misalnya yaitu Membuat Shortcut Folder options, Membuat Shortcut Favorites, Folder libraries pada explorer windows dll, Cara membuatnya yaitu kita tinggal ketikkan Folder options pada start program


2. Untuk Memindah File di menu explorer (Fungsi copy paste),
Selain menggunakan cara copy paste kita dapat menggunakan fungsi drag dan drop ini, misalnya kita akan meng-copy paste file yang ada di Drive C ke Drive D atau ke USB Flashdisk. kita hanya tinggal melakukan drag & drop saja. Untuk langkah awal ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan namun apabila kita sudah terbiasa maka akan memberikan nilai tersendiri yaitu lebih cepat ketimbang fitur copy paste. hanya saja terdapat kelemahan yaitu kita akan merasa sulit untuk memindahkan dari folder ke folder yang lebih dalam.
http://www.omkris.com/2012/11/fungsi-drag-tarik-drop-letakan-pada.html
3. Untuk Memasukan Subtitle Film
Sebuah Film yang mempunyai subtitle external (.srt) bila namanya berbeda dengan nama film, jika kita akan memutar film tersebut maka subtitlenya tidak akan keluar. Apabila kita enggan me-rename subtitle tersebut agar namanya menjadi sama kita dapat menggunakan fungsi drag ini. yaitu dengan meng-drag (menarik) subtitle kemudian masukan kedalam Aplikasi pemutar film tersebut.

4. Untuk Memindah Item di Microsoft Office dll
Dengan Fungsi Drag kita dapat memindahkan data item (seperti tulisan, Slide pada Power point) untuk mengurutkan data file tersebut. Fungsi drag ini akan lebih efisien ketimbang copy paste karena akan lebih cepat dijalankan/menghemat waktu. Contoh kecilnya misalkan kita akan mengurutkan slide pada power point. Drag slide ke atas atau kebawah kemudian drop pada urutan yang telah ditentukan.

Kiranya sedikit yang diatas akan memberikan pengertian yang lebih luas dan bisa sobat kreasikan sendiri selain pada sedikit fungsi yang saya sebutkan diatas nantinya, sehinnga akan menemukan hal baru berkaitan drag & drop ini. Maka kesimpulannya yaitu bahwa fungsi drag drop pada komputer perlu untuk di ketahui lebih dalam untuk mempercepat suatu tindakan. Semoga bermanfaat.

lihat pula : Fungsi Folder Libraries Windows (Documents, Music, Pictures, Videos) Yang Masih Jarang Di Ketahui

Terus bagaimana kalau kita ingin Cara Mematikan Fitur Fungsi Drag & Drop ini agar file tidak berpindah-pindah sendiri dari folder 1 ke folder lain karena faktor ketidak sengajaan? Caranya KLIK DISINI
key word: istilah komputer, fungsi drag & drop,  pengertian drag & drop, cara drag & drop file, drag & drop subtitle film, cara mudah membuat shorcut program fitur windows, fungsi mouse komputer, fungsi klik kiri laptop/mouse.

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger