CONTOH SKRIPSI FISIKA PEMANFAATAN SOFTWARE.DOC

Baca Juga :

CONTOH SKRIPSI FISIKA PEMANFAATAN SOFTWARE.DOC

DOWNLOAD CONTOH SKRIPSI FULL KLIK DISINI
Cara download : Klik link - Tunggu 5 Detik klllik SKIPAD pojok kanan atas.

Gambaran Skripsi :

Judul : “PEMANFAATAN  PHYSIC 101 SE PORTABLE EDITION 7.0 SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP).”

A. Latar Belakang Masalah
Pemilihan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar tergantung pada tujuan pengajaran, jenis tugas, dan respon yang diharapkan dapat dikuasai siswa setelah pengajaran berlangsung, serta konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Sedangkan salah satu fungsi utama media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang diciptakan dan ditata oleh guru.

Pada tahun-tahun belakangan ini, komputer mendapatkan perhatian besar dalam kegiatan pembelajaran/instruksional (CAI atau Computer Assisted Instruction), dengan kecepatan penguasaan materi yang dapat diatur sendiri oleh pemakainya. Karena komputer nampaknya sangat cocok untuk belajar secara individual, pengembangannya sebagai alat instruksional sangat dipengaruhi oleh kemajuan pembelajaran terprogram. Menurut Ronald H. Anderson (dalam Y. Miarso dkk 1994:199), biasanya CAI digunakan berpasangan dengan CMI (Computer Managed Instruction) yang perannya semakin meluas, seperti: pembinaan bantuan dalam penyusunan tes, meyakinkan keamanan materi pelajaran, dan membantu menganalisis hasil maupun isi pelajaran.

Maraknya pameran-pameran komputer di berbagai kota akhir-akhir ini, situs-situs internet yang bertema IT  (Information of Technology), serta merebaknya Lembaga Pendidikan Komputer yang menawarkan program- program pendidikan yang menarik bagi berbagai kalangan usia, menunjukkan betapa tingginya minat masyarakat terhadap dunia komputer. Hal ini merupakan suatu peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi para praktisi untuk membuat program-program pendidikan yang menarik dan interaktif. (Wahana Komputer, 2004). Kemajuan di bidang sains dan teknologi, khususnya bidang komputasi pada era globalisasi ini sudah merebak ke segala bidang sehingga kehadiran teknologi komputasi ini tak bisa dihindari lagi, termasuk di bidang pendidikan Fisika (Susilo, 1998).

Peningkatan kualitas pembelajaran berhubungan dengan upaya membangun komunikasi timbal balik antara guru dengan siswa yang melibatkan aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dari hasil observasi pada siswa  yang menyukai mata pelajaran fisika hanya 40% dari jumlah siswa dikelas 10. Persentase kurang dari 50% ini menggambarkan bahwa motivasi siswa ketika mengikuti pembelajaran siswa belum memuaskan. Hal ini diantaranya disebabkan karena kurang bervariasi media yang digunakan dalam proses belajar.
Dalam kurikulum berbasisis kompetensi, salah satu kompetensi guru yang harus ditingkatkan adalah kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran. Para guru dapat bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyediakan media pembelajaran ini. Guru sendiri dapat mempelajari berbagai  software untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya. Salah satu software yang dapat dimanfaatkan adalah Software Physic 101 SE Portable edition 7.0.
Berdasarkan pemikiran di atas peneliti bermaksud mengadakan Pemanfaatan  Physic 101 SE Portable Edition 7.0 Sebagai Upaya  Meningkatakan Motivasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini, yaitu “Apakah pemanfaatan Physic 101 SE Portable Edition 7.0 dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?”

C. Pembatasan Masalah
Supaya lebih fokus, permasalahan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut:
1. Software ini digunakan untuk siswa sekolah menengah pertama kelas VII.
2. Apakah media/program yang digunakan sesuai dengan standar atau Kriteria kelayakan media pembelajaran?

D. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah
1. Memanfaatkan Physic 101 SE Portable Edition 7.0 sebagai upaya  Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).
2. Menguji  kelayakan  media  (program) melalui uji coba pada siswa SMP.

E. Manfaat
1. Bagi sekolah sebagai informasi dalam rangka meningkatkan Motivasi, efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.
2. Bai guru-guru selaku pendidik sebagai strategi pembelajaran bervariasi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan sisitem pembelajaran dikelas, serta membantu guru menciptakan kegiatan belajar yang menarik.
3. Bagi siswa dapat meningkatkan minat belajar sains melalui aktivitas laboratorium, keaktivan siswa dlam proses pembelajaran sehingga siswa lebih mendalami konsep yang sedang dipelajari.
4. Bagi peneliti digunakan untuk menambah pengetahuan dalam membekali diri sebagai calon guru fisika yang memperoleh pengalaman penelitian secara ilmiah agar kelak dapat dijadikan modal guru dalam belajar.
TAGS : CONTOH SKRIPSI FISIKA GRATIS, CONTOH SKRIPSI FISIKA LENGKAP, DOWNLOAD SKRIPSI FISIKA, PEMANFAATAN SOFTWARE.  contoh judul skripsi fisika terbaru

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger