Membuat & Menambah Tombol Cepat Keyboard Sendiri dengan WinHotKey

Baca Juga :

Membuat & Menambah Tombol Cepat Keyboard Sendiri dengan WinHotKey : Jika sebelumnya kita sering menggunakan tombol cepat/pintas keyboard default, kini sobat bisa membuat dan mengedit tombol cepat keyboard sesuai dengan pilihan sendiri menggunakan bantuan aplikasi WinHotKey. WinHotKey akan membantu sobat untuk menetapkan "hot key" sebagai tombol pintas keyboard menuju aplikasi tertentu, seperti meluncurkan program aplikasi, membuka dokumen, membuka file data dan lain sebagainya.

Note Artikel terkait tombol cepat keyboard

Tujuan utama dari alat ini adalah untuk mempercepat setiap kita akan membuka program aplikasi yang akan digunakan. Ketika WinHotKey ini dijalankan, program ini terdapat di menu system tray. Double-klik pada icon system tray maka nanti akan membuka aplikasi tersebut. 

Berikut adalah screen-shot dari jendela WinHotKey : 

Menambah Tombol Cepat Keyboard Sendiri dengan WinHotKey

Pada default WinHotKey sudah terdapat tombol pintas seperti Win+C untuk membuka kalkulator, Win+I untuk membuka internet explorer dan lain sebagainya. Disini OM Kris contohkan semisal kita akan membuat tombol pintas utuk membuka Microsoft Office Word, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi WinHotKey -> Klik Edit -> Klik New HotKey
  2. Klik Browse -> Buka C:\Program Files\Microsoft Office\Office12\WINWORD.EXE -> Klik Open

    Menambah Tombol Cepat Keyboard Sendiri dengan WinHotKey

    Catatan : WinHotKey tidak hanya untuk membuka program, namun software ini juga dirancang untuk membuka file tertentu di dalam hard disk drive seperti membuka foto, membuka folder dll

  3. Ketik pada Description ofthis hotkey untuk memberi nama target
  4. Centang pada When I press these key untuk membuat tombol keyboard pertama
  5. Klik pada Along with the key untuk memilih tombol sinkron yang kedua
  6. Setelah selesai Klik OK


  7. Tombol pintas keyboard untuk membuka Microsoft Office Word sudah selesai ditambahkan dalam daftar menu WinHotKey, sobat bisa membukanya dengan tekan tombol Windows+W pada keyboard.
Selamat mencoba untuk membuat tombol pintas aplikasi lainnya.....

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger