Definisi Sanggar, Sanggar Sastra Jawa di Sekolah.doc

Baca Juga :

Belajar tentang Definisi Sanggar, Sanggar Sastra Jawa di Sekolah dan Manajemen Strategi Pembinaan Sanggar Kreativitas Siswa. Download Full artikel document-nya klik disini

BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
        Sanggar adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan.
    Sanggar Sastra adalah tempat pertemuan untuk melakukan sastra atau wahana kreatifitas dan ekspresi sastra.

Definisi Sanggar, Sanggar Sastra Jawa

       Bengkel Sastra adalah kegiatan yang mempelajari sastra-cerpen, puisi atau teater, bagi siswa SMU/SMK. Mereka mengusulkan untuk membentuk wadah sebagai tempat berkreasi. Seperti namanya, kegiatannya berkutat di bidang sastra. Di antaranya mengadakan sarasehan, seminar, diskusi dan pentas. Karena anggotanya kebanyakan anak muda yang cenderung show, maka lebih banyak latihan untuk pementasan. Sedang untuk diskusi agak jarang. Untuk menambah wawasan dan pengalaman anggota, mereka sering mengundang tokoh-tokoh sastra.
Kreatifitas adalah gagasan, penuangan pikiran, penemuan dan seterusnya. Apapun pendapat kita, kreativitas selalu berhubungan dengan potensi diri, kemampuan menemukan hal-hal baru. Kita dapat menciptakan berbagai hal dari hal-hal kecil. Kreativitas secara sederhana dapat dilihat atau didefinisikan dari
  1. Pribadi, Dari pribadi, kreativitas didefinisikan sebagai suatu tindakan atau aktivitas yang muncul dari kepribadian yang unik. Masing-masing orang yang kreatif akan memberi tanggapan yang berbeda satu dengan lainnya.
  2. Pendorong, segi pendorong, kreativitas didefinisikan sebagai suatu inisiatif, suatu gagasan yang merupakan perwujudan kekuatan pikir dan imajinasi yang merangsang munculnya pola pikir, wawasan, dan gagasan baru. Dari segi proses, kreativitas merupakan bentuk
  3. Proses, Dari segi proses, kreativitas merupakan bentuk berpikir yang menghasilkan sesuatu yang baru, seperti cara-cara baru dalam mendekati persoalan, hasil-hasil karya yang bercorak baru atau unsur-unsur yang belum ditemukan sebelumnya.
  4. Produk atau hasil, Dari segi produk, kreativitas terciptanya karya-karya baru yang menunjukkan komposisi baru dan nilai-nilai baru.

B.    RUMUSAN MASALAH
        Rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
  1. Bagaimanakah definisi mengenai sanggar dan sanggar sastra?
  2. Bagaimanakah manajemen, strategi pembinaan, dan kompetensi sanggar sastra jawa?
C.    TUJUAN
        Tujuan penulis yang ingin disampaikan dalam makalah ini adalah:
  1. Menjabarkan definisi tentang sanggar sastra secara umum
  2. Mendeskripsikan manajemen, strategi pembinaan, dan kompetensi sanggar sastra jawa.

Daftar Pustaka

Endraswara, Suwardi.2003. membaca, menulis, mengajarkan sastra. Jogjakarta: Kota 
Kembang.
Rosidi, Ajip. 1995. Sastera Dan Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
download makalah sastra jawa, download manajemen, strategi pembinaan, dan kompetensi sanggar sastra jawa di sekolah, 

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger