TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA

LATAR BELAKANG TERJADINYA KEMISKINAN DI INDONESIA - Kemiskinan di Indonesia terjadi karena dilatar belakangi banyak hal, antara lain adalah kesempatan kerja yang kurang yang menyebabkan masyarakat sulit mencari pekerjaan untuk sekedar mengentaskan dirinya dari kemiskinan, banyak juga yang punya pekerjaan namun upah yang diterima tidak cukup. Sumber daya manusia yang masih di bawah standar juga melatar belakangi masalah kemiskinan ini,mereka tidak punya keahlian khusus karena tidak berpendidikan ataupun tidak pernah mengikuti pelatihan tertentu, selain itu pengalaman mereka juga tidak banyak.hal itu tentu mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Pemerintah juga berpengaruh dalam melatar belakangi masalah kemiskinan ini, subsidi yang tidak pada tempatnya, infrastruktur yang tak jua di bangun,korupsi dana anggaran yang seharusnya bisa di gunakan untuk mengentaskan kemiskinan ini.

BENTUK KEMISKINAN DI BERBAGAI USIA - Bentuk kemiskinan dalam masyarakat indonesia tidak hanya di rasakan oleh orang tua, bahkan anak yang masih kecil yang harusnya tidak tau menau tentang perekonomian justru dari tahun ke tahun terus menggoyahkan anak bangsa.

 Anak-anak :
  1. Bekerja di bawah umur.
  2. Berat saat lahir kurang.
  3. Tidak sekolah secara permanen.
  4. Anak kehilangan orang tua.
Remaja :
  1. Pengangguran.
  2. Daya beli rendah.
  3. Masuk dalam lingkungan drug/narkoba.
  4. Perilaku kriminal.
  5. Bunuh diri.
Dewasa:
  1. Pendapatan rendah.
  2. Tidak memiliki pekerjaan tetap.
  3. Mempunyai pekerjaan yang cukup resiko yang tak mendapat perlindungan.
  4. Daya beli rendah.
  5. Tidak memiliki akses pelatihan.
  6. Meninggal di usia muda.
Orang Tua lanjut usia:
  1. Pensiun tanpa jaminan.
  2. Pengeluaran penting.
  3. Gelisah, galau.
  4. Sakit yang cukup lama.
  5. Membutuhkan bantuan sosial.

FAKTOR PENYEBAB KEMISKINAN - Faktor penyebab kemiskinan yang dominan masih tetap sama dari jaman dulu sampai sekarang.
  1. Tingkat pendidikan yang rendah.
  2. Produktivitas tenaga kerja rendah.
  3. Tingkat upah yang rencah.
  4. Distribusi pendapatan yang timpang.
  5. Kesempatan kerja yang kurang.
  6. Kualitas sumberdaya alam masih rendah.
  7. Penggunaan teknologi masih kurang.
  8. Etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah.
  9. Kultur/budaya (tradisi).
  10. Politik yang belum stabil.

PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN
  1. Diadakan pelatihan/kursus agar warga punya keterampilan dan bisa memanfaatkan keterampilannya tersebut untuk mencari nafkah.
  2. Diadakan pendidikan yang benar-benar bebas pendidikan dengan kualitas yang baik agar semua warga bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas namun bebas biaya dan mengurangi jumlah warga yang berpendidikan rendah.
  3. Memfasilitasi Uhasa Kecil Menegah, agar warga yang punya UKM bisa meningkatkan pendapatan melalui fasilitas yang memadai serta bisa merekrut warga lain untuk di pekerjakan. Dengan begitu pengangguran diharapkan bisa berkurang.
  4. Infrastruktur di daerah-daerah di perbaiki agar akses ke tempat lain bisa lebih mudah dan juga murah, dengan begitu warga miskin di harapkan bisa mencari pekerjaan ke daerah-daerah lain dengan mudah.
Kapan Miskin Menjadi Sejarah Yang Singkat?

Nyanyi dulu gan........


Bukan lautan hanya kolam susu.......Kail dan jala cukup menghidupimu, 
Tiada badai tiada topan kau temui...Ikan dan udang menghampiri dirimu, - 2x

Orang bilang tanah kita tanah surga...Tongkat kayu dan batu jadi tanaman,
Orang bilang tanah kita tanah surga...Tongkat kayu dan batu jadi tanaman.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2012, Semoga kemiskinan di indonesia akan cepat diberantas !!!!.
Penyebab kemiskinan di indonesia, cara menanggulangi kemiskinan di indonesia, bentuk kemiskinan di indonesia, faktor kemiskinan d indonesia, cara memberantas kemiskinan.sejarah singkat kemiskinan di ndonesia, berita kemiskinan di indonesia.masalah kemiskinan di indonesia. kemiskinan di indonesia.doc, makalah kemiskinan di indonesia.
Description: TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA

TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel TENTANG KEMISKINAN DI INDONESIA dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam)

12 komentar | Add comment

  1. lagu itu seperti hanya sejarah ya,..makin sebel saja dengan polah manusia,...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neng han, kapan yah semua orang bisa menyayikan lagu itu tanpa kembali mengingat tentang adanya kemiskinan

      Delete
  2. Replies
    1. Kapan-kapan... kita berjumpa lagi... (lagu koesplus selanjutnya neng hany :D

      Delete
  3. ada satu lagi a' ..... orang kaya jangan pelit2 buat sedekah .... bukankan harta mereka sebagian milik yg g punya..... sebab dunia ini di jaga dalam desain primordial kesetimbangan ..... ada kaya-miskin dan si kaya harus berbagi ama si miskin, meski orang di latih buat usah kalo bakatnya cuma buruh ya buuruh terus.... negara kita negara kaya, di surabaya aja ,,,,, mobil ferrari tiap malam gau leat di sekitar jalan A.yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. wah mobilnya saya itu mas rynem, di mimpi tapi ehheeheh,,, sekali lagi selamat hari kesaktian ancasila mas rynem... semoga dengan kesaktian pancasila selanjutnya, kemiskinan akan cepat terselesaikan

      Delete
  4. hidup itu indah dan patut disyukuri,
    dan kita sebaiknya tidak bergantung kepada pemerintah dalam mencari rejeki...tetaplah berusaha maka rezeki kan mengalir untuk orang2 yang mandiri dan selalu berusaha,
    biarkan petinggi negara dengan keseibukannya...karena mereka adalah mereka , dan kita adalah kita...tetap semangat sobat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak orang menyalahkan pemerintah tentang kemiskinan tapi kenyataan nya?? pokok nya ane setuju sama BlogS of Hariyanto

      Delete
    2. Iya betul bahkan kita memang tidak perlu menggantungkan pada pemerintah, tapi setidaknya mereka mampu secara merata memberi sedikit bantuan untuk memperlancar perekonomian di indonesia :D

      Delete
  5. sepakat Om semoga kemiskinan cepat berlalu. pemerintah hanya menang dalam retorika, selogan kemiskinan pengangguran berkurang tapi tidak ada pembuktian, scara makro masaih banya kita saksikan jurang yang melebar, kita sebagai anak bangsa hanya bisa berekspektasi, apa akan menunggu revolusi sosial, tentu mahal harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heran aja yah,, bantuan kayaknya sih selalu ada tapi jarang sampai kemasyarakat yang membutuhkan

      Delete
  6. mungkin sekarang tinggal kolamnya...
    susunya udah gak ada..
    :P

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).