PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA

Bagi sobat yang ingin mencoba membuat alat peraga gerak jatuh bebas sendiri dengan sederhana, mungkin artkel ini bisa untuk dijadikan bahan referensi. 

Pembuatan Alat Peraga Gerak Jatuh Bebas Sederhana Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Purworejo Jarot Setyo Nugroho, Umi Khayatun, Hidayatul Muhkarohmah.

1. Membuat Batang Statis
Membuat Batang Statis
Batang statis ini adalah batang pengatur tinggi rendahnya peluru (besi) untuk di jatuhkan. Terbuat dari kayu nangka, dan sebagian kecil terbuat dari kayu albesiah. Kayu di potong dan di bentuk seperti penggaris.untuk mengatur tinggi rendahnya peluru (besi) untuk di jatuhkan. Lalu membuat dasar dan penyangga batang tersebut. Kurang lebih kayu untuk mengatur tinggi rendahnya posisi jatuh, yaitu 95cm. Kayu ini kita percantik dengan di amplas, atau di haluskan permukaanya. Setelah di haluskan, lalu di beri oli sedikit ke sluruh bagian kayu, agar kayu tersebut lebih mengkilat. 

2. Membuat magnet
Magnet ini berfungsi untuk merekatkan besi yang bertujuan mengatur kapan waktunya besi tersebut di jatuhkan. Untuk membuat magnet, bahan yang kita perlukan adalah kawat email dan besi. Kawat email, di lilitkan atau di gulung di besi. Lilitkan kawat email secukupnya, atau sesuai kebutuhan. Jika lilitan atau kumparan tersebut mampu untuk menghasilkan medan magnet untuk kebutuhan kita, maka lilitan tersebut di berhentikan. Jika semakin banyak lilitan maka medan magnet yang di hasilkan semakin besar. Tetapi, butuh kawat email yang banyak.

3. Membuat stopwatch
stopwatch
Stopwatch berguna untuk mengetahui berapa waktu besi (peluru) yang di jatuhkan dari titik tertentu, sampai dasar yang kita inginkan. Stopwatch, jika kita membuat dari hasil kita merangkai mungkin biaya lebih besar, dan kurang rapi. Tetapi kita membeli stopwatch yang sudah jadi di toko olahraga terdekat. Dengan biaya yang lebih sedikit dan barangnya pun rapi. Kita disini hanya merombak stopwatch tersebut. Agar bisa di gunakan alat yang kita susun tersebut. Perombakan stopwatch hanya pada tombol start dan stop. Tombol tersebut kita ganti dengan kabel.
http://www.omkris.com/2012/08/pembuatan-alat-peraga-gerak-jatuh-bebas.html
4. Saklar utama
Saklar utama
Saklar utama berfungsi untuk mengatur mati hidupnya magnet dan stopwatch. Kita mengatur saklar tersebut agar pada waktu magnet posisi on, maka stopwatch masih diam. Dan, jika magnet posisi off, maka stopwatch harus bergerak. Di sisi ini lah yang sulit. Karena, pada umumnya saklar hanya bisa berfungsi satu fungsi. Dan tidak bisa berfungsi ganda. Tetapi, ternyata saya punya ide untuk saklar tersebut. Yaitu saklar rotari, atau sklar putar. Saklar tersebut ternyata bisa bekerja ganda. Bahkan bisa lebih.
http://www.omkris.com/2012/08/pembuatan-alat-peraga-gerak-jatuh-bebas.html
5. Saklar bawah.
Saklar bawah.
Saklar bawah, adalah saklar untuk menghentikan laju stopwatch. Posisi saklar ini ada di bawah atau di titik paling bawah dari alat peraga. Jika saklar utama adalah berguna untuk menjalankan stopwatch, maka untuk menghentikanya adalah tugas dari saklar bawah. Kita menyusun dari saklar biasa yang di rombak sdikit, guna untuk memaksimalkan kerja saklar ini. Mungkin, pada waktu besi jatuh pada saklar bawah, kadang-kadang besi jatuh tidak tepat pada sasaranya atau pada saklar. Untuk menanggulanginya, kita menambahkan papan kecil di atas saklar. Kegunaan papan tersebut adalah meminimalisasi sang besi bila jatuh tidak mengenai saklar. Jika ada papan, area untuk besi jatuh dan terkena saklar akan luas.
http://www.omkris.com/2012/08/pembuatan-alat-peraga-gerak-jatuh-bebas.html
6. Besi (peluru)
Besi beguna sebagai benda yang di jatuhkan dari titik tertentu hingga mengenai saklar bawah. Kenapa kita memilih besi, karena magnet bisa menarik sang besi tersebut. Kita membuat dua buah besi untuk percobaan. Besi pertama agak berat. Dan besi kedua agak ringan. Kenapa? Karena, kita akan membukikan percepatan gravitasi dan membuktikan bahwa beban tidak berpengaruh terhadap percepatan gravitasi.
Tags : Contoh alat peraga fisika sederhana, cara membuat alat peraga fisika, contoh pembuatan alat peraga fisika sederhana gerak jatuh bebas, alat peraga fisika, beberapa alat peraga fisika., bahan-bahan membuat alat peraga ipa, contoh sederhana alat peraga ipa fisika., MEMBUAT ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS, Laporan akhir Pembuatan Alat Peraga Gerak Jatuh Bebas Sederhana
Oleh : Jarot Setyo Nugroho, Umi Khayatun, Hidayatul Muhkarohmah.
Description: PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA

PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel PEMBUATAN ALAT PERAGA GERAK JATUH BEBAS SEDERHANA dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam)

7 komentar | Add comment

  1. Wah,,keren mas,,
    thank's share infonya ya,..!!!
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas sinichi semoga bisa memetik buahnya :)
      oya makasih dah masuk dimari ^_^

      Delete
  2. Iya mas,,
    sama2,,
    makasii juga,..
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke dehhh.......selamat beraktivitas dan salam sukses selalu.......

      Delete
  3. Mas ada laporan praktikumnya tentang ini ta?
    sama dari praktikum ini apa yang dihiting dan menggunakan rmus apa yaa?
    Thanks

    ReplyDelete
  4. mas, saya boleh ikut bikin alatnya nggak buat tugas akhir sma ?

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).