TEMPO & DINAMIK LAGU

Baca Juga :

Apa itu tempo? dan apa itu dinamik lagu? Berikut adalah penjelasan mengenai tempo dan dinamik pada lagu :

1. Tempo
Tempo adalah pernyataan yang menyatakan seberapa cepat atau lambat sebuah lagu yang harus dimainkan. Dulu biasanya pernyataan tempo dituliskan disebelah kiri-atas lagu. maksud dari pemberian tanda tempo ialah agar penyanyi ataupun pemusik dapat membawakan lagu sesuai dengan kehendak penciptanya.

Pernyataan tempo dituliskan dalam bahasa musik yang sudah dibakukan (bahasa italia), atau sering juga dinyatakan dengan lambang not berikut ukuran kecepatannya. Misalnya Tempo = 40, artinya lagu tersebut harus dimainkan dengan kecepatan 40 ketuk per menit dengan satuan ketuknya 1/4. tetapi ada juga pemusik kita yang menuliskan pernyataan tempo dengan bahasa indonesia maupun bahasa daerah. Berikut ini adalah istilah-istilah tempo yang sering digunakan dalam kehidupan musik sehari-hari :

ITALIA  INDONESIATingkat Kecepatan
dalam satuan ketuk
LargoLambat - sekali
40 - 60    ketuk per menit
LentoLambat - sekali 60 - 66    ketuk per menit
AdagioLambat66 - 76    ketuk per menit
AndanteSedang76 - 108   ketuk per menit
ModeratoSedang108 - 120 ketuk per menit
Allegrocepat120 - 160 ketuk per menit
VivaceCepat sekali160 - 184 ketuk per menit
PrestoCepat sekali184 - 200 ketuk per menit

Ukuran kecepatan tempo diatas dapat dapat kita tentukan dengan menggunakan Metronome, yaitu alat sejenis  jam meja yang berfungsi untuk mengukur tempo dan birama lagu. Ukuran kecepatan tempo yang terdapat pada Metronome berkisar antara 40 - 200 ketukan per menit.

Metronome
Gambar Metronome


2. Dinamik
Dinamik adalah tanda utuk menyatakan keras lembutnya suara dalam memainkan sebuah lagu. tanda dinamik dituliskan pada setiap bagian bagian yang hendak dikeraskan atau dilembutkan. pada dasarnya pernyataan dinamik dibagi menjadi dua yaitu : Forte (keras) lambang f dan piano (lembut) lambang p. tapi kemudian dikembangkan lagi menurut tingkat kekerasan dan kelembutan tekanan suara/nada yang dihasilkan.
berikut ini adalah istilah-istilah dinamik yang sering dipergunakan berdasarkan tingkat kekerasan dan kelembutan suara yang dihasilkan :

1. Berdasarkan tingkat kekerasan suara

    f (forte)
    keras
    ff (fortissimo)
    sangat keras
    fff (fortississimo)
    sekeras- kerasnya
    ffff (fortississimo possibile)
    lebih keras dari fff
    mf (mezzo forte)
    sedang kerasnya
    < (crescendo)
    semakin keras


2. Berdasarkan tingkat kelembutan suara

   p (piano)
    lembut
   pp (pianissimo)
    sangat lembut
   ppp (pianississimo)
    selembut-lembutnya
   pppp (pianississimo possibile)
    lebih lembut dari ppp
   mp (mezzo piano)
    sedang lembutnya
   > (decrescendo)
    semakin lembut

Tanda dinamik hanya berpengaruh terhadap not-not yang diberikan tanda ini. sedangkan pada not-not lain pengaruhnya akan semakin berkurang, tergantung dari jauh dekatnya letak not tersebut dari tanda dinamik. oleh karena keras-lembutnya masing-masing orang berbeda, maka didalam menafsirkan tanda dinamik harus bersifat fleksibel.

Sekian, semoga bermanfaat.

key word : tanda dan istilah dalam lagu, jelaskan pengertian tempo, jelaskan pengertia dinamik, dinamik dan tempo dalam musik. keunggulan tempo dan dinamik musik, istilah tempo dan dinamik musik, mengenal tempo dan dinamik lagu.

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger