Mengatasi Ikon Shortcut yang rusak/salah pada windows 7 (IconChache.db)

Kali DIBAGIKAN

Baca Juga :

Mengatasi Ikon Shortcut yang rusak/salah pada windows 7 (IconChache.db) - Masalah ikon folder shortcut yang tidak benar/rusak pada windows termasuk shortcut start menu maupun desktop akan membuat pengguna merasa tidak nyaman melihatnya/bahkan resah digunakan bagi pengguna yang belum tau sebab program shortcut tidak berjalan semestinya. Sebuah ikon shortcut tidak ditampilkan dengan benar karena sumber shortcut telah dipindahkan atau dihapus dan ini sering terjadi pada windows 7, pengalaman OM Kris sendiri yang sering menjumpai kasus seperti ini pada saat akan melakukan install ulang gara-gara masalah tersebut. 
Kasus pertama yaitu masih biasa bahwasannya shortcut berubah menjadi putih atau tidak sesuai dengan program aplikasi yang dimaksud, meski ikon shortcut yang rusak masih berjalan normal jika kita menjalankan aplikasinya melalui shortcut tersebut namun tetap saja tidak sedap dipandang oleh mata, 
Kasus kedua yaitu jika sobat mengklik shortcut salah satu program/aplikasi tidak berjalan sempurna (open with shortcut yang sama semua) atau misalkan kita mau membuka shortcut mozila firefox pada desktop malah yang muncul aplikasi lain seperti microsoftword, notepad atau internet explorer atau windows media player dll. lebih parah lagi biasanya semua file shortcut gambarnya berubah semua menjadi aplikasi yang lain seperti  berubah semua menjadi microsoftword, notepad semua atau internet explorer semua atau windows media player semua dll.
Contoh gambar ikon rusak seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Mengatasi Ikon Shortcut yang rusak/salah pada windows 7
  1. Langkah Awal (untuk seperti kasus pertama/biasa yang telah saya sebutkan diatas) ganti ikon shorcut tersebut langsung dari file (.exe), yaitu klik kanan ikon yang rusak - properties - change icon - pilih browse - c : program file - ikon aplikasi yang rusak (.exe).
  2. Download registry Lnk shortcut default.reg (klik download) jalankan registry tersebut - Run - yes-yes-ok.  (untuk seperti kasus kedua/cukup parah yang telah saya sebutkan diatas)
  3. Biasanya cara diatas sudah bisa mengatasi masalah tersebut namun, jika tidak berjalan sesuai keinginan karena sobat sudah mencoba mengganti change icon dan registry Lnk shortcut default.reg seperti langkah diatas namun ikon yang tampil masih saja rusak/salah, seperti aplikasi yang sudah saya berikan screenshootnya dibawah ini, setelah saya menggantinya namun tetap saja rusak, maka silahkan sobat lakukan cara dibawah ini :
Mengatasi Ikon Shortcut

Setelah melakukan cara diatas dan belum berhasil langkah selanjutnya yaitu sobat mungkin perlu untuk membangun/menyetel ulang kembali cache ikon (IconCache.db) untuk me-reset kembali gambar ikon ke dalam cache ikon. IconChache.db secara singkatnya adalah file yang menyimpan direktori berbagai ikon dikomputer sobat. untuk melihat IconCache.db lakukan cara berikut ini :
  • Klik organize pada explorer - folder and search options - pilih tab view - di hidden file and folders pilih show hidden and folders.
Mengatasi Ikon Shortcut2
  • Temukan IconCache.db pada : C:\Users\User-Name\AppData\Local\IconCache.db
Membangun/menyusun kembali chace ikon yang rusak (IconChache.db) caranya yaitu :
  1. Download Rebuild Icon Cache.bat 
  2. Simpan file ke desktop  Sobat , dan menjalankannya.
  3. Klik Run saat diminta, nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah iniMengatasi Ikon Shortcut3
  4.  Tekan tombol keyboard terserah, pertama akan muncul gambar seperti dibawah iniMengatasi Ikon Shortcut4
  5. Tekan lagi tombol keyboard terserah, nanti akan muncul keterangan yang kedua,Mengatasi Ikon Shortcut5
  6. Langkah terakhir, nanti muncul pilih (Y/N) seperti gambar diatas pilih Y yaitu dengan menekan tombol Y pada keyboard, dan klik enter,  kemudian komputer/laptop akan merestart. Biarkan komputer merestart untuk menyelesaikan IconChache.db yang telah disetel ulang/baru. selesai.
Semoga bisa membantu.
Missing Iconcache.db?

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger