TEORI BIG BANG DAN QUASAR

Baca Juga :

A. Teori Big Bang
Alan Guth (1981) adalah seorang ahli fisikawan yang mengemukakan Teori Big Bang atau big bang theory. Teori Big Bang menyatakan bahwa alam semesta ini terbentuk dari ledakan gas panas dan besar. Ledakan raksasa tersebut telah memuntahkan segala sesuau yang ada di alam semesta ini. Ledakan tersebut terjadi sekitar sepuluh sampai dua puluh miliar tahun yang lalu. Saat mengembang, alam semesta menjadi dingin sehingga terbentuk berbagai jenis atom, galaksi, bintang, dan planet. Selanjutnya, alam semesta terus mengembang dan galaksi saling melepaskan diri seperti noda-noda yang muncul pada balon yang mengembang.
http://www.omkris.com/2012/06/big-bang-teori-big-bang-dan-quasar.html

Seluruh materi dan energi dalam alam semesta pernah bersatu membentuk sebuah bola raksasa. Kemudian bola raksasa ini meledak sehingga seluruh materi mengembang karena pengaruh energi ledakan yang sangat besar.”
http://www.omkris.com/2012/06/big-bang-teori-big-bang-dan-quasar.html 
Tahapan terjadinya Dentuman Besar :
  1. Segera setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang dengan cepat hingga kira-kira 2000 kali matahari.
  2. Sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam keseimbangan. Satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk partikel-partikel dasar, yaitu elektron, proton, neutron, dan neutrino pada suhu 10 miliar kelvin.
  3. Kira-kira 500 ribu tahun setelah terjadi ledakan, lambat laun alam semesta menjadi dingin hingga mencapai suhu 3000K. Partikel-partikel dasar membentuk benih kehidupan alam semesta.
  4. Gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang tak teratur. Dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk protogalaksi.
  5. Antar satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar, protogalaksi-protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi.
  6. Satu di antara miliaran galaksi ytang terbentuk adalah galaksi Bimasakti. Di dalam galaksi ini terdapat tata surya kita, dengan matahri adalah bintang yang terdekat dengan bumi.
Al-qur'an sudah menjelaskan tentang teori bigbang terlebih dahulu pada surah (QS Al-Anbiya [21]:30)
http://www.omkris.com/2012/06/big-bang-teori-big-bang-dan-quasar.html 

Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS Al-Anbiya [21]:30)


Meskipun sejumlah ilmuwan berusaha mengemukakan sejumlah teori tandingan guna menentangnya, namun bukti-bukti ilmiah malah menjadikan teori Big Bang diterima secara penuh oleh masyarakat ilmiah. Menurut Wikipedia, ledakan dahsyat atau dentuman besar (Big Bang) merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta. Berdasarkan pemodelan ledakan ini, alam semesta, awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat, mengembang secara terus menerus hingga hari ini.

Berdasarkan pengukuran terbaik tahun 2009, keadaan awal alam semesta bermula sekitar 13,7 miliar tahun lalu, yang kemudian selalu menjadi rujukan sebagai waktu terjadinya Big Bang tersebut. Teori ini telah memberikan penjelasan paling komprehensif dan akurat yang didukung oleh metode ilmiah beserta pengamatan. ”Marilah kita kaji ayat ini kembali berdasarkan pengetahuan ini,” ungkap Harun Yahya. Dalam ayat tersebut, kata dia, langit dan bumi adalah subyek dari kata sifat “fatq”. Keduanya lalu terpisah (“fataqa”) satu sama lain. Menariknya, ketika mengingat kembali tahap-tahap awal peristiwa Big Bang, kita pahami bahwa satu titik tunggal berisi seluruh materi di alam semesta. Dengan kata lain, segala sesuatu, termasuk “langit dan bumi” yang saat itu belumlah diciptakan, juga terkandung dalam titik tunggal yang masih berada pada keadaan “ratq” ini. Titik tunggal ini meledak sangat dahsyat, sehingga menyebabkan materi-materi yang dikandungnya untuk “fataqa” (terpisah), dan dalam rangkaian peristiwa tersebut, bangunan dan tatanan keseluruhan alam semesta terbentuk.

Ketika kita bandingkan penjelasan ayat tersebut dengan berbagai penemuan ilmiah, papar Harun Yahya, akan kita pahami bahwa keduanya benar-benar bersesuaian satu sama lain. Yang sungguh menarik lagi, penemuan-penemuan ini belumlah terjadi sebelum abad ke-20. Maha Benar Allah SWT dengan Segala FirmanNya.
http://www.omkris.com/2012/06/big-bang-teori-big-bang-dan-quasar.html


B. Teori Quasar

Arno Penzias dan Robert Wilson adalah dua orang astronom yang berasal dari Amerika Serikat. Pada 1965, mereka telah menemukan sisa radiasi hasil ledakan sebuah raksasa. Radiasi tersebut adalah radiasi latar kosmis. Radiasi tersebut sebagai bukti bahwa alam semesta ini berasal dari ledakan raksasa. Temuan tersebut telah membuktikan dan menjawab hipotesis tentang asal-usul alam semesta. Semua persediaan unsur yang diciptakan dalam kurun waktu setengah jam pertama setelah terjadinya ledakan tersebut. Oleh karena itu, tidak ada materi baru yang diciptakan setelahnya.

Teori tersebut disusun dengan bukti-bukti bahwa ada sebuah gema ledakan pada masa lalu dan perubahan spektrum bintang yang mengarah ke merah. Berdasarkan bukti-bukti penemuan tersebut, maka ada dugaan bahwa seluruh alam semesta pada awalnya merupakan sebuah atom primordial (yang paling pertama). Atom tersebut dalam keadaan suhu dan tekanan sangat tinggi ketika terjadi ketidakseimbangan antara suhu dan tekanan. Selanjutnya, terjadilah ledakan dengan suara dan energi yang sangat besarnya. Suara tersebut terus bergema hingga saat ini.
    Gambar quasar BR 1202-07
    Gambar quasar BR 1202-07, gambar berwarna, cahaya quasar yang teramati akhir-ahir ini. 
Selain teori yang telah dijelaskan di atas, ada pendapat yang mendukung pada penjelasan mengenai quasar tersebut, yaitu sebagai berikut.
  1. Quasar adalah sebuah pulsar aneh dengan pusat dan berputar dengan cepat dan dihubungkan dengan medan magnet sangat kuat.
  2. Quasar berasal dari tumbukan berulang-ulang dari jutaan bintang di sebuah galaksi. Kemudian, melepaskan bagian luarnya hingga membuat bagian dalam bintang sangat masif itu terlihat.
  3. Quasar adalah galaksi dengan bintang-bintang yang sangat letaknya sangat rapat sehingga pada saat terjadi sebuah ledakan supernova pada sebuah bintang. Dengan cepat, ledakan ini akan merobek bintang lain dan menimbulkan ledakan supernova berantai.
  4. Quasar mendapat tenaganya dari proses anihilasi materi dengan antimateri. Cadangan antimaterinya tersebut masih ada di dalam quasar sampai sekarang.
  5. Quasar adalah energi yang dilepaskan pada saat gas, debu, dan bintang-bintang jatuh ke lubang hitam yang berada di pusat galaksi.
  6. Quasar tidak lain adalah "lubang putih" dan merupakan sisi berlawanan dari lubang hitam yang merupakan penyaluran serta muara arus materi yang masuk dari lubang hitam di bagian lain alam semesta.



Materi Ini Diambil Dari berbagai sumber dan buku yang relevan.

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger