SIFAT TERMAL MATERI.DOC | MAKALAH SIFAT TERMAL MATERI

Baca Juga :

SIFAT TERMAL MATERI


Latar Belakang Masalah
Dapur adalah tempat yang baik untuk mempelajari bagaimana sifat materi bergantung pada suhu. Ketika air dididihkan di dalam poci, kenaikan suhu menghasilkan uap yang berhembus dari celah atas pada tekanan yang tinggi. Jika anda lupa untuk melubangi kentang sebelum memanggangnya, uap bertekanan tinggi yang di hasilkan di dalam kentang dapat menyebabkan ledakan yang merepotkan. Uap air di udara dapat mengembun menjadi butiran cairan di sisi gelas berisi air es, jika gelas baru keluar dari freezer, butiran es akan terbentuk di sisinya ketika uap air berubah menjadi padat.

Semua contoh di atas tersebut menunjukkan hubungan antara sifat skala-besar atau makroskopik dari bahan seperti tekanan, volume, suhu, dan massa bahan. Tetapi kita juga dapat mendeskripsikan suatu bahan menggunakan sudut pandang mikroskopik. Ini berarti menyelidiki kuantitas skala kecil seperti massa, laju, energy kinetic, dan momentum dari setiap molekul yang menyusun benda.

Deskripsi makroskopik dan mikroskopik saling berkaitan erat. Sebagai contoh, gaya tumbukan ( mikroskopik ) yang terjadi ketika molekul udara membentur dalahmakroskopik ). Tekanan atmosfer standar adalah 1.01 x 〖10〗^5 Pa, untuk menghasilkan tekanan ini, 〖10〗^32 molekul membentur kulit anda setiap hari dengan laju rata – rata melampaui 1700 km/jam ( 1000 mil/jam ).

Dalam makalah ini kita akan mengggunakan baik pendekatan makroskopik maupun mikroskopik untuk memperoleh pemahaman tentang sifat termal materi. Salah satu jenis materi yang paling sederhana untuk dipahami adalah gas ideal. Untuk gas sejenis itu, kita akan dapat menghubungkan tekanan, volume, suhu, dan jumlah bahan satu sama lain, juga dengan laju dan massa dari setiap molekul. Kita akan mendalami dasar molekuler dari kapasitas panas gas dan padatan, dan kita akan melihat berbagai fasa dari materi gas, cair, dan padat dan kondisi di mana masing - masing fasa itu terbentuk

Rumusan Masalah
  1. Memahami Persamaan keadaan
  2. Memahami sifat molekuler materi
  3. Memahami model kinetic molekuler gas ideal
  4. Memahami kapsitas panas
  5. Memahami laju molekuler
  6. Memahami fasa - fasa materi
Tujuan Penulisan
  1. Mampu menjelaskan persamaan keadaan
  2. Mampu menjelaskan pengertian sifat termal materi
  3. Mampu mendeskripsikan  sifat molekuler materi
  4. Mampu menjelaskan model kinetic molekuler gas ideal
  5. Mampu menjelaskan kapasitas panas
  6. Mampu menjelaskan laju molekuler
  7. Mampu menjelaskan fasa - fasa materi

Kristal kubus dari natrium klorida
Kristal kubus dari natrium klorida
( garam biasa ).

DOWNLOAD MAKALAH FULL GAMBAR KLIK DISINI (WORD Document)

Semua artikel ini dilindungi oleh Hak Cipta, boleh anda copy paste asalkan disertai dengan sumber.. Terima Kasih.




DAFTAR PUSTAKA
Sears dan Zemansky. 2002. Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga. 

Artikel OM Kris Lainnya :

Home · About Us · Contact Us · Privacy Policy

Copyright © 2013- OM Kris Powered by Blogger