EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc

EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc

I. LATAR BELAKANG
Pembuatan makalah ini didasarkan pada kurangnya pengetahuan siswa dalam materi ekosistem dan lingkungan secara mendalam. Makalah ini berisi tentang  orgnisme dan lingkungan mereka , interaksi spesies  dan penerapanya dalam masyarakat, aliran energi  dalam ekosistem, macam – macam ekosistem, perubahan ekosistem dan pertumbuhan populasi manusia. Makalah ini dibuat supaya penulis mampu memahami lebih jauh tentang ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu penulis berharap, makalah ini dapat berguna bagi pembaca dalm memahami ekosistem dan lingkungan secara lebih dalam. Selain itu, pembuatan makalah ini didasarkan pada tugas dari mata kuliah biologi.

II. RUMUSAN MASALAH
1. Apa dan bagaimana hubungan antara organisme dan lingkungan mereka?
2. Bagaimana terjadinya interaksi spesies?
3. Bagaimana terjadinya aliran energi dalam ekosistem
4. Ada berapakah macam-macam ekosistem dan bagaimanakah peerubahanya?
5. Bagaimanakah pertumbuhan poopulasi manusia?

III. TUJUAN
Makalah ini dibuat untuk membahas hubungan organisme dan lingkungan,terjadinya interaksi spesies,terjadinya aliran energi dalam ekosistem,macam-macam dan perubahan ekosistem, serta pertumbuhan populasi manusia.

IV. PEMBAHASAN

I. ORGANISME DAN LINGKUNGAN MEREKA
Ekologi adalah studi tentang bagaimana organisme berinteraksi dengan lingkungan mereka. Sebuah lingkungan mencakup organisme tak hidup (abiotik) komponen-komponennya adalah: suhu, sinar matahari, curah hujan, batuan, kolam, dan sebagainya.

Ekologi dapat dipelajari pada berbagai tingkat, yaitu tingkat individu, tingkat populasi, tingkat komunitas, dan tingkat ekosistem. Dalam tingkat individu difokuskan mengenai bagaimana anatomi organisme, fisiologi, dan perilaku yang berfungsi dalam lingkungannya.

Populasi adalah sekelompok individu tunggal yang menempati daerah tertentu. Ekologi di tingkat populasi sering fokus pada ukuran populasi dan perubahan ukuran populasi dari waktu ke waktu. Selain itu, ekologi populasi dapat mempelajari bagaimana sebuah populasi tertentu menggunakan sumber daya, termasuk apa jenis makanan yang dimakan dan apa jenis habitat yang digunakan.

Sebuah komunitas terdiri dari semua organisme yang hidup dalam wilayah tertentu.  Misalnya, komunitas ekologi di habitat semak-semak , pir berduri kaktus, serangga, tupai,  luak, berbagai kadal, singa gunung, anjing hutan, dan berbagai jenis bakteri dan mikroorganisme lainnya. Tingkat komunitas biasanya terfokus pada interaksi antar spesies.

Ekosistem terdiri dari semua organisme yang hidup dalam daerah tertentu dan semua komponen abiotik  di lingkungan mereka. Studi tingkat ekosistem sering fokus pada hubungan  antara dunia biotik dan abiotik. Ekologi ekosistem juga dapat mempelajari siklus yang penting sumber daya seperti air dan karbon antara kehidupan organisme dan atmosfer bumi dan kera.

II. INTERAKSI ANTAR SPESIES
A. Rantai Makanan dan Jaring Makanan
Suatu pasangan penting dari interaksi spesies adalah siapa yang makan apa. Hubungan ini  sering digambarkan dalam rantai makanan yang mengandung kadar makanan tertentu dikenal sebagai tingkat trofik. Sebuah rantai makanan diawali dengan produsen, spesies yang hidup  dengan membuat molekul organik dari bahan anorganik dan energi. Kebanyakan produsen  berfotosintesis tetapi beberapa mungkin chemosynthesize. Konsumen memperoleh makanan dengan makan organisme lain. Para konsumen utama adalah spesies yang makan produsen. Sebagai contoh, herbivor (pemakan tumbuhan) adalah konsumen primer.Konsumen primer dimakan kembali oleh konsumen sekunder (yang meliputi karnivor pemakan daging) yang mana dapat dimakan oleh konsumen tersier, kuartener dan sebagainya. Spesies yang di puncak pada rantai makanan disebut predator puncak. Akhirnya, di semua tingkatan, bahan organic yang mati yang dikonsumsi  oleh pengurai seperti bakteri dan jamur. Organisme pada tinngkat tropik yang berbeda pada sebuah komunitas hutan. Pada kenyataannya,  kebanyakan komunitas ekologi kesulitan makan pada tingkat  "rantai"  lebih tepat disebut sebagai jaring makanan.
http://www.omkris.com/2012/04/ekosistem-dan-lingkungandoc.html
B. Kompetisi
Kompetisi adalah perebutan atau persaingan antar makhlul hidup, guna mempertahanlan kelangsungan hidupnya. Suatu relung (niche) spesies didefinisikan sebagai hubungan total sumber daya biotik dan abiotik yang digunakan dalam masyarakat. Relung spesies mendefinisikan peranya dalam komunitas-Anda bisa memikirkan pekerjaan niche sebagai tempat spesies.Kemudian, dua spesies berada dalam persaingan setiap saat relung mereka tumpang tindih. Meskipun relung spesies sering tumpang tindih, tidak ada dua spesies dalam suatu komunitas memiliki niche yang sama persis.
http://www.omkris.com/2012/04/ekosistem-dan-lingkungandoc.html
C. Simbiosis
Simbiosis terjadi ketika individu dari dua spesies hidup dalam hubungan erat satu dengan yang lain. Hubungan simbiosis kadang-kadang dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan pada akibat yang ditimbulkan pada anggota. Parasit memberi keuntungan salah satu anggota interaksi dan merugikan yang lain. Contoh parasit meliputi kutu, cacing pita, dan organisme lainnya yang hidup pada atau di host mereka dan mendapatkan nutrisi dari mereka. Patogen seperti bakteri atau virus adalah parasit yang baik. Suatu bentuk yang sangat berbeda dari parasit adalah parasit pengeraman, di mana betina satu spesies meletakkan telur di sarang spesies lain, menyebabkan individu dari spesies lain untuk meningkatkan anak-anaknya. Tekukur adalah benalu pengeraman yang terkenal. Kommensalisme adalah bentuk simbiosis yang menguntungkan satu spesies interaksi  sementara tidak berpengaruh pada yang lain. Remora adalah ikan kecil yang menempel pada ikan hiu menggunakan cangkir hisap. Selain memperoleh perlindungan dari host, remora memakan sisa-sisa makanan yang dihasilkan ketika hiu makan.
http://www.omkris.com/2012/04/ekosistem-dan-lingkungandoc.html
Mutualisme adalah suatu bentuk simbiosis yang memberi manfaat pada kedua spesies. Mikoriza, simbiosis antara jamur dan akar tanaman, mewakili hubungan mutualistik. Para jamur menerima nutrisi dari tanaman sambil membantu akar menyerap air dan mineral. Mutualisme terjadi antara lain semut menyengat dan pohon akasia. Semut hidup dalam lubang-luar duri di pohon akasia dan mendapatkan protein-karbohidrat dan  nutrisi khusus. Sebagai gantinya,semut mempertahankan pohon dari serangga, mamalia, dan herbivora lainnya dan juga bagian-tanaman di dekatnya yang bersaing untuk memperoleh sinar matahari dan nutrisi. Inilah sebabnya,di hutan dinyatakan padat dengan kehidupan, akasia terkadang berdiri sendiri.

III. ALIRAN ENERGI DALAM EKOSISTEM.
Setelah energi memasuki ekosistem sebagai biomassa produsen, ia naik melalui rantai makanan, menciptakan biomassa di konsumen primer, konsumen sekunder, dan sebagainya. Dalam semua ekosistem, sejumlah besar energi  hilang saat Anda naik rantai makanan. Biasanya, hanya sekitar 10 persen dari energi pada satu tingkat trofik yanng sampai ke  tingkat berikutnya.

Inilah sebabnya mengapa tingkat trofik yang berurutan dari sebuah ekosistem memiliki biomassa kurang. Aliran energi melalui tingkat trofik  digambarkan dalam sebuah piramida energi. Bentuk piramida menekankan kehilangan energi saat naik tingkat trofik.

EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc

DOWNLOAD MAKALAH FULL KLIK DISINI

Semua artikel ini dilindungi oleh Hak Cipta, boleh anda copy paste asalkan disertai dengan sumber dengan meminta ijin terlebih dahulu.

key word : download makalah ekosistem, lingkungan, rantai makanan, simbiosis, 

Description: EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc

EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN.doc dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam)

1 komentar | Add comment

  1. gan, boleh ngopy buat tugas tik gg? butuh bget sumbernya, gmn caranya full download

    ReplyDelete

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).