FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC

FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN


FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN

A. Macam - Macam Faktor Pendidikan
Dalam aktivitas pendidikan ada lima faktor pendidikan yang dapat membentuk pola interaksi atau saling mempengaruhi. kelima faktor pendidikan tersebut meliputi :

1. Pendidik
]Adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik. Peserta didik mengalami pendidikanya dalam tiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat.Sehingga pendidik dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu :

a. Pendidik menurut kodrat, yaitu orang tua. Orang tua sebagai pendidik menurut kodrat adalah pendidik yang pertama dan utama. Hubungan orang tua dengan anaknya dalam hubungan edukatif yang mengandung dua unsur dasar, yaitu
  • Unsur kasih sayang pendidik terhadap anak 
  • Unsur kesadaran dan tanggung jawab dari pendidik untuk menuntun perkembangan anak.
Haji Fuad Ihsan, Dasar-dasar kependidikan (Jakarta:Rineka Cipta ,2008),hal 8.

b. Pendidik menurut jabatan, yaitu Guru. Guru sebagai pendidik menurut jabatan menerima tanggung jawab dari tiga pihak, yaitu orang tua, masyarakat dan negara. Tanggung jawab dari orang tua diterima guru atas dasar kepercayaan. Hal yang penting yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik adalah kewibawaan.Menurut M.J.Langeveld ada tiga sendi kewibawaan yang harus dibina yaitu kepercayaan, kasih sayang, dan kemampuan.

• Kepercayaan 
Pendidik harus percaya bahawa dirinya dapat mendidik dan juga harus percaya bahwa peserta didik dapat dididik.

• Kasih Sayang
Kasih sayang mengandung dua arti yakni penyerahan diri terhadap yang disayangi dan pengendalian terhadap yang disayang.

• Kemampuan
Kemampuan mendidik dapat dikembangkan melalui beberapa cara,antara lain pengkajian terhadap ilmu pengetahuan kependidikan dan mengambil manfaat dari pengalaman kerja.
Umar Tirtarahardja, La sulo, Pengantar Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta,2005).hlm.54-55.

2. Peserta Didik
Adalah orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Dalam pendidikan tradisional, peserta didik dipandang sebagai organisme pasif. Peserta didik dalam usia dan tingkatan kelas yang sama bisa memiliki profil materi pengetahuan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung kepada konteks yang mendorong perkembangan seseorang. Ada empat konteks yang dapat disebutkan, yaitu:

a. Lingkungan dimana peserta didik belajar secara kebetulan dan kadang-kadang, disitulah mereka belajar secara tidak berprogram.
b. Lingkungan belajar dimana peserta didik belajar secara sengaja dan dikehendaki.
c. Sekolah dimana peserta didik belajar mengikuti program yang ditetapkan.
d. Lingkungan pendidikan optimal,di sekolah yang ideal dimana peserta dapat melakukan cara belajar siswa aktif (CBSA) sekaligus mengimlikasikan nilai-nilai.

3. Tujuan
Adalah usaha pencapaian tujuan oleh peserta didik tentang hasil  praktek pendidikan baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Menurut Langeveld dalam bukunya Beknopte Teoritische Pedagogik dibedakan adanya macam-macam tujuan sebagai berikut:
• Tujuan umum
• Tujuan tak sempurna (tak lengkap)
• Tujuan sementara
• Tujuan perantara
• Tujuan insidental

4. Materi
Segala sesuatu yang disampaikan pendidik kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam usaha pendidikan yang diselenggarakan di keluarga, di sekolah, dan dimasyarakat, ada syarat utama dalam pemilihan materi pendidikan yaitu:
a. Materi harus sesuai dengan tujuan pendidikan 
b. Materi harus sesuai dengan peserta didik
Haji Fuad Ihsan, Dasar-Dasar kependidikan (Jakarta:Rineka Cipta,2008).hlm.9.

5. Alat
Adalah segala sesuatu yang dilakukan ataupun diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan pendidikan. Alat pendidikan tersebut dibedakan atas yang preventif dan kuratif.

B. Hubungan Timbal Balik antar Faktor Pendidikan
Dalam pendidikan, terdapat faktor-faktor yang saling mendukung diantaranya pendidik, peserta didik, tujuan, materi dan alat. Jika semua faktor-faktor dalam pendidikan saling melengkapi, maka pendidikan akan lebih maksimal dalam pelaksanaanya.


DAFTAR PUSTAKA
 Tirtarahardja,Umar,Sulo,La.2005.Pengantar Pendidikan.Jakartal;Rineka Cipta
 Ihsan,H.Fuad.Dasar-dasar Kependidikan.Jakarta:Rineka Cipta

Semua artikel ini dilindungi oleh Hak Cipta, boleh anda copy paste asalkan disertai dengan sumber dengan meminta ijin terlebih dahulu.

Key word : Makalah faktor faktor pendidikan, pengertian pendidikan, alat pendidikan, dasar dasar kependidikan.

Description: FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC Rating: 5 Reviewer: Krisnanto OM Kris - ItemReviewed: FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC

FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC Adalah Salah Satu Artikel yang saya ajukan kepada anda. Artikel FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC Oleh OM Kris blog, boleh anda copy paste atau disebar-luaskan, namun jangan lupa untuk meletakkan link artikel FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN.DOC dibawah ini sebagai sumbernya :
Suka OM Kris Blog

Suka artikel ini

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar anda, Mohon jangan meninggalkan link hidup (Ini akan secara otomatis ditandai sebagai spam).